Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hai bloggers semua! Apa kabar kalian semua? Semoga dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani..

Baiklah disini saya akan menjelaskan sesuai dengan judul diatas yaitu “Mengukur Kualitas Sebuah Web”. Dalam mengukur kualitas suatu web diperlukan adanya tools untuk melihat seberapa baguskah isi/content dari suatu web. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan penjelasan dalam mengukur kualitas suatu web menggunakan tools yang bernama “Webqual”.

webqual-logo

Webqual merupakan salah satu dari banyak tools dalam pengukuran kualitas website yang bisa digunakan saat ini. Webqual melakukan teknik pengukuran berdasarkan persepsi pengguna akhir. Webqual ini merupakan metode yang telah dikembangkan dari Servqual yang disusun oleh Parasuraman. Webqual pada dasarnya mengukur mutu sebuah web berdasarkan persepsi dari pengguna atau pengunjung situs. Jadi pengukurannya menggunakan instrumen penelitian atau kuisioner, yang oleh penemunya dibuat berdasarkan konsep house of quality dengan struktur instrumennya juga mengacu ke model SERVQUAL. Servqual banyak digunakan sebelumnya pada pengukuran kualitas jasa. Instrumen penelitian pada Webqual tersebut dikembangkan  dengan metode Quality Function Development (QFD).

Dengan menggunakan Webqual kita bisa menganalisis beberapa website, seperti:

Website Internal

  • Carrer Center
  • Staffsite
  • Studentsite
  • Central Library

Website Eksternal

  • Maskapai
  • e-Banking

METODE PENILAIAN

Web-Design-Services

Pada metode penilaian Webqual disusun berdasarkan penilitian pada tiga area, yakni:

  • Information Quality (Kualitas Informasi)

Jadi pada area ini yang dilihat adalah mutu dari isi yang terdapat pada site, pantas tidaknya informasi untuk tujuan pengguna seperti akurasi, format dan keterkaitannya.

INDIKATOR

tabel-kualitasinformasi

  • Service Interaction Quality (Kualitas Interaksi)

Pada area ini meninjau mutu dari interaksi pelayanan yang dialami oleh pengguna ketika mereka menyelidiki kedalam site lebih dalam, yang terwujud dengan kepercayaan dan empati, sebagai contoh isu dari keamanan transaksi dan informasi, pengantaran produk, personalisasi dan komunikasi dengan pemilik site.

INDIKATOR

tabel-kualitasinteraksi

  • Usability (Kemudahan Penggunaan)

Pada area ini yang ditinjau adalah mutu yang berhubungan dengan rancangan site, sebagai contoh penampilan, kemudahan penggunaan, navigasi dan gambaran yang disampaikan kepada pengguna.

INDIKATOR

tabel-useability

Sekian penjelasan saya mengenai cara mengukur kualitas web menggunakan tools Webqual, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb. 🙂

Referensi:

Advertisements